28
0
0

 Seperti yang s Usaha memang takkan  Akhirnya ramad Kebersamaan memang s Selamat menunaikan i

ADA RASA SAAT PUASA BERSAMA-SAMA

0 Komentar

Rilis pada, 6 bulan yang lalu


Gratis

1 Chapter


1


 Seperti yang sudah diketahui disebuah pesantren salaf bahwa amalan-amalan sunnah seperti puasa yang beraneka ragam macamnya itu sudah biasa dilakukan oleh santri yang sudah memiliki kesiapan jasmani atau rohani, yang sudah mumpuni untuk melakukannya dan tentunya sudah meminta izin kepada Kiyai agar amalan kita tetap ada sanad (gurunya). Seperti saya sendiri sampai saat ini baru sekali saja berhasil melakukan puasa tahunan (1 tahun tanpa tanpa putus ). Bayangkan saya sudah melakukan 3 kali dan yang berhasil hanya satu kali, sungguh perjuangan yang sangat berat saya sangat bersyukur atas perjuanganku ini.

Usaha memang takkan membohongi hasil. Dalam perjuangan 1 tahun puasa sangat banyak rasa yang kudapat. Bukan hanya tentang beratnya menahan lapar, segarnya minum kopi dan nikmatnya menyulut rokok, namun menjernihkan pikiran untuk dapat menemukan arti dari keadilan adalah tantangan luar biasa. Saat kegiatan padat terlewati, waktu istirahat yang biasanya digunakan untuk makan siang bersama teman terlewatkan karena sebuah pilihan. Waktu acara siang hari menjadi tantangan untuk menahan dan menahan. Aku pernah berfikir, Ini kah ketidakadilan karena aku berpuasa? Lalu nuraniku meyakinkan bahwa aku telah membuat sebuah pilihan. Pilihan untuk diperjuangkan. Inilah keputusan yang harus kulakukan, ini adalah ibadahku dengan tuhan. Mungkin ini ujian yang diberikan olehNya. Dan harus ku lalui sampai menemukan buah manis dari kesabaran dan keikhlasan beribadah. 

 Akhirnya ramadhan telah tiba, harumnya nuansa islami menyebar kemana-mana. Ada kepuasan tersendiri saat melihat temanku juga merasakan perjuangan menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa. Melewati padatnya kegiatan yang menguras tenaga dengan tanpa makanan dan minuman yang terbiasa menemani saat waktu istirahat tiba. Tidak ada kopi yang tersaji di siang hari juga tanpa kepulan asap rokok yang biasa memenuhi ruangan . Aku sempat berfikir "rasakanlah panasnya terik matahari dengan tenggorokan kering sampai kalian menemukan arti kesabaran dan keikhlasan ". Lantas aku merenungkan kegundahanku. Apakah ini jawaban tentang keadilan tuhan yang aku pertanyaan. Mewajibkan muslim puasa sebulan penuh dalam setiap tahunnya, agar semua muslim juga merasakan letihnya beraktivitas seharian tanpa makan dan minum seperti sebagian orang yang tidak bisa selalu mendapatkan makanan setiap hari.

Kebersamaan memang selalu menjadi bagian paling indah dalam suatu kumpulan. Apalagi menjalankan ibadah puasa kali ini. Terasa begitu bersemangat karena hadirnya kebersamaan. Ini tentang rasa, teramat sulit untuk menguraikanya dalam bahasa. Mungkin sedikit dari kita yang benar-benar mampu memahaminya. Tiada ungkapan yang sempurna untuk sebuah rasa,kecuali mencoba melakukannya.

Selamat menunaikan ibadah puasa. 

    Masuk untuk melihat komentar...