824
2
28

"Jangan terpengaruh Begitu kata seorang "Polisi disini menun Yang ada nanti malah Aku berusaha mencern Temanku melanjutkan, Ah aku mulai mengert "Nah, pihak oposisi Temanku diam sejenak Nah, jika pendukung Inilah genderang yan Kali ini aku terdiam "Tenangkan diri dan Aku tersenyum dan mu Temanku menutup kali "Bagaimana kalau nan Temanku tersenyum. " Aku tertawa. Kopi in Seruput...

LANGKAH CATUR LAWAN

2 Komentar

Rilis pada, 7 bulan yang lalu


Gratis

1 Chapter


.


baboo

"Jangan terpengaruh permainan genderang lawan.."

Begitu kata seorang teman yang saya "percaya" ketika saya bertanya, "Kenapa Polda Jabar menghentikan kasus HRS masalah penghinaan Pancasila.."

"Polisi disini menunjukkan sisi profesional mereka. Jika polisi tidak menemukan bukti kuat dari kasus tahun 2011 yang dilaporkan Sukma di tahun 2016, terus apakah harus terus memaksakan kasus itu ke pengadilan ? 

Yang ada nanti malah blunder. Berkas tidak lengkap. Nah kalau dipaksakan, pasti akan digoreng bahwa pemerintah intervensi masalah hukum. Ujung-ujungnya Jokowi yang disalahkan.."

Aku berusaha mencerna kata-katanya sambil menyeruput kopiku yang sudah mulai dingin..

Temanku melanjutkan, "Jika Jokowi dianggap intervensi, bayangkan demo berjilid-jilid yang akan mereka lakukan dan muncullah aksi angka togel berjalan... Tahu sendiri kan, mereka sedang mencari celah untuk menjatuhkan nama dia ?"

Ah aku mulai mengerti, bahwa ini murni kasus hukum dan bukan kasus politis. 

"Nah, pihak oposisi memainkan genderangnya. Sesudah pertemuan dengan kelompok 212, mereka kemudian membangun propaganda bahwa Jokowi akan bekerjasama dengan mereka. Jadi, apa-apa akan dikaitkan dengan Jokowi padahal ia tahu kasus ini aja ngga.."

Temanku diam sejenak. "Inilah yang diinginkan oleh kelompok oposisi, membuat framing bahwa Jokowi lemah dalam hukum dan bisa dinego secara politis. Sasarannya adalah pendukung Jokowi yang reaktif, yang selalu melihat apa-apa secara politik dan sama sekali mengabaikan bukti-bukti hukum..

Nah, jika pendukung Jokowi akhirnya meyakini bahwa ternyata yang didukungnya lemah karena bisa dinegosiasi, mereka akan Golput. Dan Golput berarti kemenangan di pihak mereka...

Inilah genderang yang mereka mainkan, dimana pendukung Jokowi banyak yang menari dengannya..."

Kali ini aku terdiam dan setuju dengan apa yang ia katakan. Aku tahu bahwa ia lebih tahu apa yang terjadi di dalam. 

"Tenangkan diri dan percayalah pada pemerintah. Kita ini main rally-rally panjang bukan permainan pendek di depan net. Kita yang atur permainan, bukan mereka.."

Aku tersenyum dan mulai mengerti gambar besarnya..

Temanku menutup kalimatnya dengan tegas. " Toh yang dihentikan kasus penghinaan Pancasila, bukan kasus chat sex. Kalau kasus sex, bolehlah meraung keras-keras.."

"Bagaimana kalau nanti kasus chat sex nanti juga dihentikan ?" Tanyaku..

Temanku tersenyum. "Untuk membuktikannya, mari kita tunggu HRS pulang... Itu juga kalau dia berani.. "

Aku tertawa. Kopi ini rasanya nikmat jika kita mula mengerti persoalan.. 

Seruput...

    Masuk untuk melihat komentar...