Aditia Nugraha
Denny Siregar

Jakarta, Indonesia


TENTANG JOKOWI

baboo

Kisah Freeport dulu adalah kisah suram Indonesia..

Kisah ini berawal sejak ditemukannya gunung tembaga di Papua oleh Jean Jacques Dozy pada tahun 1936. Penemuan Dozy ini terdengar oleh Forbes Wilson, geolog Freeport, tahun 1959. Ketika Wilson ingin membuktikan laporan Dozy, dia terpukau melihat apa yang dinamakannya harta karun.

Sejak itu, wajah Indonesia berubah.

Soekarno yang menentang penguasaan asing terhadap sumber daya alam Indonesia, dijatuhkan. Soeharto langsung mensahkan UU no 1 tahun 1967 sesudah itu.

"Freeport adalah perusahaan asing pertama yang menandatangani kontrak dengan rezim baru di Jakarta dan menjadi aktor ekonomi dan politik utama di Indonesia," tulis Denise Leith dalam Politics of Power: Freeport in Suharto's Indonesia (2003).

Sejak itu penguasaan tambang Freeport semakin meluas. Kontrak dibuat untuk mengamankan posisi Freeport sehingga sulit dimiliki pemerintah Indonesia. Inilah kejahatan terbesar yang dilakukan anak bangsa, yang merampok kekayaan negeri untuk kepentingan sendiri.

Karena perampokan itu, ibu pertiwi dijajah oleh anak-anaknya sendiri. Ia diperkosa habis-habisan tanpa mendapatkan hak yang sesuai. Papua tetap miskin dan akhirnya berontak supaya bisa merdeka...


Silakan masuk untuk melanjutkan membaca